Bisnis Online, MMO (Make Money Online)

Bisnis Online? Yakin Mau Ikutan?

Assalamu’alaikum sobs semua, saat ini saya agak sedih sebenarnya mengetahui banyak sekali orang-orang yang ingin terjun ikut bisnis online.

Lho koq bisa?

Ya bisa aja. Wong terserah saya mau sedih atau gembira. Urip yo uripku, duwene Gusti Allah.

Apakah ada hubungannya dengan penyidik senior KPK yang disiram air keras gara-gara bisnis online istrinya?

Hahahaha …. Duh sudahlah jangan dibahas yang ini mah. Bikin perut saya mules gara2 kebanyakan ketawa nih … hahahaha….

… Hh …

Saya menyediakan jasa membuat blog dan toko online, seharusnya saya bahagia dong semakin banyak orang yang tertarik untuk berbisnis online. Makin banyak order. Alhamdulillah.

Tapi, beneran hal ini juga bikin saya sedih. Karena kalau banyak orang yang NGGAK SIAP BISNIS masuk ke kancah persaingan bisnis online, dengan pikiran bahwa BO itu gampang, nggak seganas dan sekeras bisnis offline, nggak nguras kantong dan lain sebagainya. Justru akan merusak reputasi dan ekosistem perbisnisan online.

Banyak orang lebih siap untuk GAGAL di bisnis offline, dibandingkan dengan berbisnis online. Ujung-ujungnya mereka menyalahkan orang-orang seperti saya, yang menyediakan jasa dan perangkat penunjang BO sebagai pemberi janji manis tanpa bukti.

Jika sobs sudah mendengar yang indah-indah tentang BO, berarti sobs baru dengar setengah dari cerita ‘indah’ berbisnis online.

Apalagi jika sampai terpikir untuk resign dari pekerjaan yang sekarang, untuk kemudian berjibaku di bisnis online.

Pikir ulang banyak-banyak dulu.., jangan cuma dua atau tiga kali… Karena bisnis online memang tidak semudah dan seindah yang sobs bayangkan.

Toh jadi karyawan bukan berarti sobs nggak bisa jadi orang kaya. Jadi karyawan bisa koq memiliki kebebasan finansial. Memang dari segi kebebasan waktu tidak sefleksibel seperti memiliki bisnis sendiri, tetapi perlu saya tekankan juga bahwa memiliki bisnis sendiri bisa sangat menyita waktu sobs semua. Apalagi di awal-awal membangun bisnis.

Untuk sobs yang memang bermental karyawan, saya sangat menyarankan SEBAIKNYA TIDAK BERBISNIS ONLINE ataupun OFFLINE!

Lebih baik ke toko buku, cari buku Safir Senduk yang berjudul “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya”. Itu akan jadi investasi yang lebih bermanfaat, dari pada buat beli tools dan course yang nggak jelas. Karena..

..Bisnis Online adalah Bisnis!

Sayangnya memang banyak yang menjalankan BO sebagai sesuatu yang TIDAK serius. Padahal kalau kita nggak serius tentang bisnis kita sendiri, why should anyone care about it!

Bisnis online adalah bisnis sebagaimana bisnis lainnya, hanya saja kita menjalankannya menggunakan media internet.

Dan inti dari sebuah bisnis, ujung-ujungnya adalah JUALAN! Entah itu jasa atau produk. Yang namanya bisnis PASTI menjual sesuatu. Jadi kalau kita nggak suka jualan, atau nggak punya partner yang suka jualan, atau nggak punya kesanggupan untuk membayar tim penjualan: JANGAN BISNIS!

Setidaknya, jangan dulu mulai berbisnis. Apa lagi bisnis yang membutuhkan modal besar. Kecuali memang siap invest uang untuk ‘belajar’.

Apakah kalo sudah suka dengan bidang penjualan, ada jaminan bakal sukses berbisnis?

Nggak juga. Nggak ada jaminan apapun. Kecuali …

Modalnya didapat dengan cara yang halal. Diinvestasikan untuk dan dengan cara yang halal. Semua proses bisnis yang kita lakukan baik dan diniatkan untuk mencari ridha Allah. Dan dijalani semuanya dengan ikhlas karena Allah. Maka kita mendapat satu JAMINAN. Yaitu ..

.. jaminan bisnis kita dicatat sebagai amal dan ibadah kita, baik itu gagal ataupun berhasil.

Bisnis Wajib Berorientasi Jangka Panjang

BO adalah tentang bagaimana membangun sumber income yang sustainable secara online, bahkan kalo perlu bisa diwariskan. Sedangkan MMO menggunakan cara hit and run untuk menghasilkan uang secara online, bila suatu cara sudah tidak menghasilkan ya tinggalkan saja.

Memang betul BO menggunakan metode-metode yang digunakan dalam MMO sebagai alat atau strategi untuk menunjang bisnis, tetapi metode tersebut bukanlah elemen inti dari bisnis itu sendiri.

Bisnis Membutuhkan Kemampuan Memimpin

Jangan langsung membayangkan kita memimpin karyawan-karyawan yang menggerakkan roda usaha kita.

Yang penting sekali justru adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri dulu. Jangan harap menginspirasi orang lain kalau kita menjadi pribadi yang lemah ketika dihadapkan pada kesulitan.

Kalau nggak punya ini, lebih baik stick dengan pekerjaan sobs sekarang, dan ber-MMO saja untuk mendapatkan ekstra income. (Baca juga: Passive Income Rp 5 Juta/bulan Dari Tiga Website Ini dalam Waktu Enam Bulan)

 

Kalau ingin dikupas lagi, masih banyak sebenarnya alasan-alasan mengapa sebaiknya sobs jangan berbisnis online. Tapi, saya nggak tahan berlama-lama menulis artikel.

Lagi pula nanti sudah capek-capek ngetik, sobs malas baca karena kepanjangan.

Harapannya sobs jangan tergesa-gesa mengambil langkah. Setidaknya punya gambaran jelas, sebenarnya yang ingin sobs lakukan ini bisnis online atau cukup sekedar MMO saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Share This

Sharing is caring for yourself :)

Sobat kamu mungkin ada yang membutuhkan informasi ini, dan kamu yang terpilih untuk menyampaikannya. It feels good to be good :)

Menebar Manfaat

Artikel ini bermanfaat untuk kamu? Artikel ini mungkin juga bermanfaat untuk sobat kamu.