fbpx

Bro, Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com Apa Sih?

Categories Bisnis Online, Platform BOPosted on
Bro, Perbedaan Wordpress.org dan Wordpress.com Apa Sih? 1 - ARMANTOP.WEB.ID

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Jadi, ada yang nanya nih; perbedaan wordpress.org dan wordpress.com apa sih?

Kami yakin pertanyaan ini bukan hanya milik satu orang aja. InsyaaAllah ada banyak yang masih bingung perbedaan antara keduanya, karenanya kami akan bahas dalam artikel kali imi.

Jadi, hari ini ini kita akan sama-sama belajar mengenai perbedaan antara wordpress.org dengan wordpress.com.

Sori para mastah, artikel hari ini ini bukan buat kalian,  artikel hari ini khusus newbie karena pembuat artikelnya juga kelewatan newbie-nya.

Kalau ada mastah nyasar ke sini ya salahnya sendiri.

SO,

Apa perbedaan wordpress.org dan wordpress.com?

Mari kita bedah bersama

1. Biaya

Dari segi biaya, wordpress.org membutuhkan pengeluaran rutin untuk hosting dan domain.  karena untuk menggunakan wordpress.org kita harus menginstalnya pada sebuah server hosting dengan estimasi biaya kurang lebih 500K pertahun untuk yg kualitasnya lumayan OK. Dan untuk memudahkan akses pengunjung website kita membutuhkan domain dengan harga mulai 50K per tahun.

Sedangkan wordpress.com tidak membayar sepeserpun untuk bisa segera memiliki blog. Kita memang tidak membayar untuk memiliki blog di wordpress.com, tetapi wordpress.com akan menempatkan iklan pada blog kita. dan untuk menghilangkan iklan tersebut kita harus membayar sekitar $36 per tahun, Yang yang jika dirupiahkan sekitar Rp500K lebih. Cukup buat sewa hosting tuh..

2. Perawatan

Ternyata bukan hanya istri yang butuh perawatan agar performanya maksimal, website juga!

Menggunakan wordpress.org kita bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan rutin terhadap website tersebut.  Misalkan menjaganya agar selalu terupdate, melakukan back up secara rutin, menjaganya agar selalu aman dari serangan hacker dan orang-orang tak bertanggung jawab lainnya, serta selalu menjaga website kita tetap bekerja secara optimal.

Enaknya menggunakan wordpress.com, kita tidak perlu menghawatirkan semua itu. Karena pemeliharaan server dan lain-lainnya dilakukan oleh para ahli di wordpress.com.

3. Template

Pengguna wordpress.org memiliki dukungan penuh terhadap template. kita bisa menggunakan template yang manapun baik gratis maupun berbayar. Bahkan bisa melakukan modifikasi tampilan dengan mengakses langsung kode pada file template.

Sedangkan pada wordpress.com dukungan untuk template sangat terbatas, karena kita hanya bisa menggunakan template yang disediakan. Kita tidak bisa mengupload template custom, bahkan modifikasi terhadap template yang tersedia tidak bisa kita lakukan.

Ada opsi untuk bisa mengupload template dari pihak ketiga tetapi kita harus melakukan upgrade ke akun bisnis dengan biaya $299 per tahun.

4. Plugins

kita bisa menggunakan semua plugin yang kita inginkan. bahkan kita bisa membuat plugin sendiri untuk kita gunakan pada website kita. Dengan dukungan penuh dalam penggunaan plugin ditambah lagi dukungan penuh terhadap template, maka kita bisa membuat website jenis apapun dengan menggunakan wordpress.org.

Dukungan penuh terhadap plugin pada wordpress.com hanya tersedia untuk pengguna dengan akun tipe bisnis. Itu pun harus 100% compatible dengan server wordpress.com, karena kita tidak memiliki akses terhadap server.

5. Monetisasi

Karena wordpress.org sepenuhnya berada dalam kendali kita, maka kita bisa secara bebas memonetisasi website tersebut. dan kita bisa menggunakan layanan monetisasi apapun serta berhak 100% atas hasil monetisasi tersebut.

Sedangkan jika kita menggunakan wordpress.com, kita tidak diperkenankan untuk menjual space di website kita kepada pemasang iklan. Hanya jika blog kita memiliki traffic yang tinggi, minimal 25.000 page view per bulan, barulah kita diperkenankan untuk mendaftar dalam program iklan wordpress.com dengan sistem bagi hasil.

6. Branding

Dengan menggunakan  wordpress.org kita memiliki kebebasan dalam mem-branding website. Kita diperkenankan untuk menghilangkan link Powered by wordpress.org.

Sedangkan wordpress.com hanya memperkenankan pengguna akun tipe bisnis seharga harga $299 per tahun untuk menghilangkan link tersebut.

7. Fitur SEO

Selain fitur SEO (Search Engine Optimization) yang sudah tertanam pada software wordpress.org, kita bisa menambahkan  fitur-fitur lain untuk memaksimalkan SEO pada website kita, sehingga website kita memiliki potensi lebih besar untuk menempati ranking yang baik pada SERP.

Kita harus pasrah hanya dengan fitur SEO yang sudah tertanam pada wordpress.com. dan harus rela upgrade ke akun tipe bisnis untuk bisa menginstal plugin yang bisa membantu meningkatkan performa SEO.

8. Analytic

Dalam bisnis data hasil analisa performa web kita sangatlah penting. Darinya kita bisa mengetahui bagian mana dari web kita yang yang performanya baik dan mana yang harus kita tingkatkan atau kita hilangkan. Pada wordpress.org penggunaan software analytics pihak ketiga didukung secara penuh karenanya kita bisa mendapatkan data yang lebih akurat. Namun pada wordpress.com hal ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna akun tipe bisnis.

9. Orientasi Bisnis

Karena wordpress.org didukung penuh dalam penggunaan plugin dan template, maka kita bisa mendevelop website untuk tujuan bisnis; semisal toko online, direktori, web iklan baris, membership site dan lain sebagainya.

Hal ini tidak mungkin dilakukan menggunakan wordpress.com , karena untuk menjalankan website-website seperti ini dibutuhkan akses dan kontrol yang advance terhadap fitur-fitur yang tersedia pada server.

Kesimpulannya,

Jika Anda saat ini hanya membutuhkan sebuah blog dimana anda bisa menyalurkan talenta menulis tanpa ada niat untuk memonetisasi atau kau memiliki tampilan blog yang yang canggih, maka wordpress.com bisa menjadi pilihan untuk anda. Apalagi layanan ini bisa anda dapatkan gratis.

Namun jika anda berkeinginan untuk memiliki website dengan fitur lengkap, atau kau ingin mendapatkan income dari website tersebut baik melalui iklan ataupun berjualan online, maka wordpress.org adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Oke, demikian penjelasan kami mengenai perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, saudara kembarnya.

Semoga pembahasan kali ini ini cukup untuk memberikan pencerahan mengenai topik ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hamba Allah. Pencinta Rasulullah SAW. Mahasiswa abadi Universitas Kehidupan Semesta. Katanya sih blogger, tapi yang jelas bukan pakar internet marketing. Oh iya ..., Tukang t-shirt :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This

Sharing is caring for yourself :)

Sobat kamu mungkin ada yang membutuhkan informasi ini, dan kamu yang terpilih untuk menyampaikannya. It feels good to be good :)

Menebar Manfaat

Artikel ini bermanfaat untuk kamu? Artikel ini mungkin juga bermanfaat untuk sobat kamu.