fbpx

Panduan Install WordPress Menggunakan Softaculous

Categories Bisnis Online, Platform BO, TutorialPosted on
Panduan Install Wordpress Menggunakan Softaculous 1 - ARMANTOP.WEB.ID

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Setelah pada artikel sebelumnya kita belajar bersama mengenai perbedaan antara wordpress.org dan wordpress.com, kali ini ini kita akan belajar bagaimana cara install WordPress menggunakan softaculous.

Sebelum kita lanjut mari kita buat deal terlebih dahulu, bahwa saat saya menyebut WordPress maka yang saya maksud adalah software dari wordpress.org, bukan layanan blog dari wordpress.com.

Setuju ataupun tidak, harus setuju soalnya saya yang punya lapak.

Ada beberapa cara menginstal WordPress, tapi yang kali ini akan kita pelajari bersama-sama adalah bagaimana cara menginstal WordPress melalui cPanel, khususnya menggunakan auto-installer Softaculous.

Mengapa cPanel? Karena sebagian besar layanan web hosting menggunakan cPanel sebagai dapur akses untuk pengelolaan website kita.

cPanel adalah software yang banyak digunakan oleh penyedia jasa layanan web hosting yang memberikan kita interface berbasis web untuk mengelola akun hosting kita. Melalui cPanel ini ini kita bisa mengakses berbagai utilities yang disediakan oleh layanan web hosting termasuk auto-installer script yang akan kita gunakan untuk menginstal WordPress.

Ada beberapa auto-installer script yang umumnya digunakan oleh layanan hosting. Tiga yang paling populer adalah Softaculous, QuickInstall dan Fantastico.

Kami akan mencoba berbagi  cara menginstal WordPress dengan interface dari 3 auto installer script tersebut. Namun yang saat ini akan kita bahas bersama adalah

Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous

Kenapa softaculous? Kenapa nggak yang dua lainnya dulu?

Pertama, layanan hosting yang  kami sediakan di cPanelnya kita pakai Softaculous. Intinya kami mengutamakan pelanggan hehehe

Yang kedua, ya terserah yang punya blog lah mau yang mana dulu. yang penting nanti semua kebagian dan semua bahagia. Bukankah menjadi bahagia adalah keinginan semua orang? Iya nggak mblo?

Langkah pertama untuk install WordPress menggunakan Softaculous pada cPanel adalah login dulu ke cPanel. Obviously, nggak mungkin kita login ke gmail ataupun Pesbuk?

Setelah login kita akan melihat beberapa ikon di bilah utama. Jika  kita belum melihat Icon softaculous, silakan Scroll ke bawah. penampakan icon softaculous kira-kira seperti gambar di bawah ini. jika ada perubahan Kami tidak bertanggung jawab.

Kita juga bisa langsung mengakses installer WordPress dengan cara cara mengklik icon WordPress dengan penampakan sebagai berikut:

Pada tampilan berikut, klik tombol “Install Now”.

Setelah diklik, WordPress Installer akan menanyakan di mana  kita akan menginstal WordPress. kita juga akan diminta untuk memilih protokol yang akan kita gunakan, pilih http jika tidak akan menggunakan SSL atau pilih https jika menggunakan SSL.

Kami sarankan untuk memilih https karena bagus untuk SEO. mesin pencari memberikan preferensi lebih kepada website yang menggunakan https dibanding http, karenanya menggunakan https akan memudahkan usaha dalam bersaing mendapatkan ranking yang baik di SERP.

Setelah itu kita akan diminta menentukan domain yang akan kita gunakan. Kemudian kita akan diminta untuk mengisi direktori mana yang akan digunakan untuk menginstal WordPress. jika kita ingin  agar website kita dikunjungi hanya dengan mengetikkan domain utama kita, misalkan lamanhijau.com, itu artinya WordPress di instal di root directory domain. maka kosongkan saja pada pilihan input ini.

Lanjut scroll ke bawah maka kita akan melihat bagian pengaturan dan akun admin website WordPress kita.

Pada bagian ini, kita akan diminta untuk memberi judul dan sedikit keterangan mengenai website kita. Jika masih bingung, isi saja sembarang karena nanti bisa dirubah melalui area admin setelah selesai diinstal.

Lalu tentukan username administrator, password, dan alamat email. Softaculous biasanya secara otomatis akan memberikan kombinasi default admin dan pass, namun ada juga layanan yang memberikan username dan password, tetapi akan dalam bentuk acak.

Kombinasi username dan password  tersebut sangat powerful and strong, saking powerful and strong kita sendiri bakal lupa! Jadi lebih baik diganti saja dengan sesuatu yang personal dan unik bagi kita.

Pastikan alamat email yang kita tulis benar. karena ke email inilah WordPress akan mengirimkan notifikasi dan link untuk reset password jika suatu saat nanti kita lupa .

Pengaturan-pengaturan yang lain seperti di bawah ini sifatnya opsional, jadi bisa kita lewati saja.

Kita juga bisa mengirimkan detail instalasi ke email kita yang lain, sebagai backip. Klik tombol “Install” untuk mengeksekusi proses instalasi WordPress.

Kita akan melihat status instalasi dan progress bar. Proses instalasi biasanya tak sampai 2 menit, tergantung kualitas server yang kita sewa. Tetapi jangan tutup Browser sampai proses instalasi selesai.

Softaculous akan menampilkan  pesan saat instalasi telah selesai. Pada pesan tersebut juga terdapat link untuk mengakses front end dan back end atau admin area website yang baru saja kita install.

Demikian panduan menginstal WordPress menggunakan Softaculous pada cPanel

Semoga sobat semua bisa mengambil manfaat terbaik dari artikel ini.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Hamba Allah. Pencinta Rasulullah SAW. Mahasiswa abadi Universitas Kehidupan Semesta. Katanya sih blogger, tapi yang jelas bukan pakar internet marketing. Oh iya ..., Tukang t-shirt :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This

Sharing is caring for yourself :)

Sobat kamu mungkin ada yang membutuhkan informasi ini, dan kamu yang terpilih untuk menyampaikannya. It feels good to be good :)

Menebar Manfaat

Artikel ini bermanfaat untuk kamu? Artikel ini mungkin juga bermanfaat untuk sobat kamu.